Friday, August 1, 2008

Impian? ya..... tinggal Impian

Pagi ini saat saya membaca SK Kompas (Jumat, 01/08/2008) pada halaman pertama, hati saya sangat sedih melihat sebuah judul "2.894 Kursi Jurusan Pertanian Kosong" pada kolom SNPTN. Diberitakan bahwa, "Seleksi nasional masuk perguruan tinggi menyisakan 2.894 kursi kosong pada program studi pertanian dan peternakan di 47 perguruan tinggi negeri, ..... ".

Bagaimana tidak hati saya merasa terpukul, baru saja menyelesaikan pembuatan forum AGRO yang dibuat dengan kesadaran tanpa mengharapakan sesuatu imbalan tertentu, dibuat dengan segala keterbatasan, yang diharapkan sebagai wahana diskusi berbagi ilmu, pengalaman dan kerjasama bagi para petani, pedagang, pemerhati, akademisi, peneliti, pengusaha, birokrat juga bagi mereka yang ingin bergelut di dunia agribisnis. Ternyata lambat laun, mudah2an tidak, menurun minat kaum muda terhadap bidang pertanian.

Disisi lain ini menjadikan barometer bagi saya, kalau memang benar minat kaum muda sudah menurun tentunya forum ini juga akan kurang atau tidak diminat.

Impian saya? ya... tinggal impian. Mimpi saya, negara kita selalu disebut negara agrasis, pernah dikenal sebagai negara swasembada pangan, saya mantan PNS yang mencoba terjun didunia pertanian ingin layak hidup bisa mencukupi kehidupan keluarga anak istri.

Impian?.... Mimpi kali ye......

No comments: