Tuesday, August 19, 2008

Manajemen Agribisnis

Menjawab beberapa pertanyaan dari sahabat saya di bidang Agribisnis. Ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian bagi yang ingin terjun di bidang agribisnis, al.:


  • Ancaman dari gejala alam yang tidak dapat diprediksi, kekeringan, kemarau, banjir, serangan hama. dll.

  • Sifat produksinya umumnya tidak tahan lama, cepat busuk, menuntut penanganan yang baik dan khusus, juga sifat produksinya umumnya musiman, kecil-kecil, tersebar dan menuntut penangan yang berbeda-beda.

  • Hasil produksinya sangat ditentukan dengan letak geografis, sulit untuk menyamai hasil produk sejenis dari dari daerah yang berbeda.

  • Umumnya sifat agribisnis bersifat usaha keluarga dan berbasis pedesaan sehingga masih banyak memiliki ikatan keluarga, sehingga terhadap persoalan yang timbul lebih banyak bersifat kekeluargaan.


Namun demikian usaha agribisnis sangat beragam dari yang berskala kecil, menengah hingga yang sangat besar. Inilah yang sangat menguntungkan dan potensial membuat celah atau peluang bagi yang ingin menekuni bidang agribisnis, kita bisa memulai dari yang berskala terkecil hingga yang terbesar sesuai kemampuan kita.

Kita bisa memulainya dengan membuka lahan dari yang sedikit disesuaikan kemapuan hingga sedang dan besar, atau kita juga bisa memulai berjualan dari yang eceran dan satu jenis produk, terus menjadi grosir hingga pengekspor/impor.

No comments: