Saturday, November 29, 2008

Menjadi Angan2

Bermula dari hanya ingin memperkenalkan kepada seluruh masyarakat melalui dunia maya dengan membuat blog, bahwa saya berusaha tegar menjelang pensiun dari PNS dengan mencoba membudidayakan buah2an khususnya pepaya. Dengan harapan melalui blog saya dapat menggali ilmu dari mereka2 yang telah jauh berpengalaman, disamping hal itu untuk menyampaikan kepada masyarakat di dunia maya bahwa betapa pentingnya mengkonsumsi buah2an disamping sebagai makanan juga banyaknya kandungan yang dimiliki buah2an bermanfaat untuk kesehatan, kebugaran, juga sebagai penyembuhan terhadap beberapa penyakit. Serta yang tidak kalah penting dapat dijadikan tambahan penghasilan dan bahkan bila dikelola dengan baik tidak mustahil akan menjadi usaha yang besar agroindustri/agrobisnis.


Seiring berjalannya waktu blog ini telah berusia memasuki tahun kedua tentu usia yang masih sangat muda dan demikian pula usaha berkebun pepaya kami masih relatif berskala kecil. Dengan usia yang masih relatif muda tanpa diduga cukup banyak respon yang kami terima baik melalui: email, komentar pada tulisan2 kami, dan melalui pesan singkat (SMS) serta ada yang langsung menguhungi kami melalui telepon atau HP.

Ternyata responnya pun datang beragam dari berbagai usia juga dari berbagai kalangan seperti pelajar, mahasiswa, karyawan pemerintah, swasta bahkan ibu rumah tangga. Bagaimana terhadap ungkapan dari mereka-mereka juga sangat beragam, misalnya, dari ada yang meminta saran dia sebagai pengelola pesantren ingin memberdayakan santrinya membudidayakan buahu-buahan, ada yang awalnya sedikit putus asa menghadapi pensiun setelah melihat blog kami justru kini bersemangat ingin segera pensiun, ada pula mahasiswa yang berkeinginan kuliah kerja lapangan, ada pula yang ingin memdalami studinya untuk untuk jenjang S2, juga ada pula ibu rumah tangga yang berkeinginan berjualan buah-buahan, banyak yang memiliki lahan2 bingun akan dimanfaatkan untuk apa ada yang ingin membudidayakan sendiri tetapi tidak tau caranya serta apakan cocok lahan yang ia miliki dan masih banyak lagi respon-respon yang kami terima tentu terlalu panjan bila kami muat disini.

Kami berpikir sejenak.... mungkinkah mereka-mereka kami persatukan dari mulai anak2 muda yang berkeinginan keras untuk terjun di dunia agribisnis dan mahasiswa yang sarat dengan ilmu pengetahuan dibidang khususnya pertanian serta para pedagang yang telah banyak mengetahui pola, sistem dan pangsa pasar serta perilaku atau tataniaga buah dan sayuran dan yang cukup penting lagi adalah mereka-mereka yang memiliki kepedulian cukup tinggi atas nasib agricultur kita serta memilki cukup dana, semua ini untuk dipadukan membuat suatu kegiatan dengan mata rantai yang tak terputus mulai dari proses pra produksi, produksi, pemeliharaan, pengembangan, hingga pemasaran dan pendanaan.

Kembali ke laptop, eh.... ke niat awal, mungkinkah ini terwujud dan akhirnya menjadi angan2 yang harapanya dapat terwujud.....?

Semua kembali kepada pengunjung blog kami, bila kita memiliki komitmen yang sama maka tidak ada salahnya mari kita coba galang potensi diri kita masing2 untuk kita sinergikan dan rintisnya, siapa tau......?

Kami tunggu.

No comments: