Monday, December 15, 2008

Jus buah vs Soft Drink

Buah itu enak dan perlu. Enak karena dari bayi sampai dewasa menyukai buah. Perlu karena buah itu mengandung vitamin dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia bahkan penelitian terakhir buah berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit antara lain kanker dan stroke. Beberapa jenis sayuran tertentu juga dapat dibuat Juice (jus) yang tidak kalah enaknya dengan buah.

Masalah yang dihadapi adalah bagaimana mempopulerkan konsumsi buah/sayur sehari-hari dalam rumah tangga. Kita lihat dalam kehidupan sehari-hari demikian digandrunginya soft drink oleh generasi muda kita yang seolah-olah sudah menjadi gaya hidupnya pada masa kini. Mungkin hal ini karena gencarnya promosi soft drink, pada hal apabila ditinjau dari segi gizi, soft drink tidak lebih dari "pepesan kosong" saja. Meminum soft drink tidak lebih dari memperoleh tambahan energi saja. Padahal apabila soft drink dapat digantikan dengan jus buah dan sayur segar, maka manfaat ganda akan diperoleh, baik bagi kesehatan maupun bagi pertaniannya sendiri.
Untuk dapat lebih mempopulerkan penggantian soft drink dengan jus buah dan sayur segar perlu tersedia alat juicer dan blender dalam rumah tangga. Alat ini sekarang sangat mudah diperoleh di toko-toko. Disamping itu masyarakat perlu diberikan penyuluhan mengenai seluk beluk manfaat dan khasiat buah dan sayur dan cara memilih buah dan sayur yang baik dan yang tersedia dipasar untuk dibuat jus. Aspek keamanan buah dari pencemaran bakteri dan bahan kimia (pestisida) juga perlu dimasyarakatkan.

No comments: